Sabtu, 05 Maret 2016

Tugas Karya Ilmiah

PELUANG LINGKUNGAN BISNIS MENULIS
ERA MODERN
                                                


Muhammad Farras Alfitra
          15.61.0059           


Jurusan
Infotmatics Technology S1 BCIT-02
STMIK AMIKOM
Yogyakarta
2016







Abstrak
      
       Karya tulis ilmiah yang berjudul PELUANG LINGKUNGAN BISNIS MENULIS ERA MODERN. Artikel ini membahas mengenai lingkungan bisnis di bidang menulis pada era  modern yang berkaitan-erat dengan globalisasi .
      Penulisan Karya Ilmiah ini bertujuan untuk membuka wawasan pembaca akan peluang bisnis menulis di era modern seperti sekarang ini.
      Menulis di era-era sebelumnya biasanya hanya dilakukan oleh sebagian orang untuk menyalurkan bakat mereka dalam bidang menulis tersebut.

                              Jika seseorang tidak memilik passion pada bidang menulis. Segera merasa bosan karena media dalam menulis hanya sebatas kertas dan pena. Bahkan menulis membuat lelah serta media kertas sangat riskan untuk rusak dan memerlukan tempat yang luas dan baik untuk menyimpannya.
Tetapi itu dulu karena pada era sekarang media bidang tulis-menulis tidak hanya sebatas pada media kertas dan menggunakan pena. Menulis dapat dilakukan secara digital melalui perangkat elektronik era Modern.

Bahkan sekarang budaya menulis sudah tidak mengenal lagi bentuk hasil cipta font tulisan secara grafik yang buruk karena ketidak konsisten penulis akibat lelah.
Karena di era sekarang font dapat didesain sesuai yang kita inginkan dan dapat memunculkan kembali dengan mengetikannya secara mudah tanpa perlu konsistensi cipta font.

 Keterbatasan orang-orang akan hobi menulis perlahan-lahan mulai teratasi dan memberikan manusia ide cipta lebih untuk berkarya.
Dimana ada sebuah karya yang baik tentu akan ada apresiasi dari oranglain yang secara langsung akan menciptakan peluang bisnis didalamnya.
                                                                                    
PELUANG BISNIS MENULIS
Bagaimana dengan bisnis?

                              Mari kita mulai bicara tentang bisnis, di era sebelumnya  berbisnis di bidang tulis-menulis sangat terbatas dan perlu profesionalitas yang tinggi karena keterbatasan media menulis untuk mencipta karya tulis sebagian orang pun enggan dan tidak mau menggambil peluang bisnis di bidang menulis.
Padahal pada era sekarang ini yang sudah Globalisasi keterbatasan menulis mulai teratasi oleh fasilitas-fasilitas yang muncul dari perkembangan teknologi. Peluang bisnis menulis pun semakin terbuka dan menjanjikan.
           
                              Menjanjikan? Memang hasil dari karya tulis pada era yang lalu yang dianggap menghasilkan hanya ketika seorang penulis membuat karya dan diterbitkan pada sebuah buku dan menerima royalty.
Namun bisnis menulis sekarang ini sudah sangat bergeser dengan era sebelumnya teknologi informasi merubah peluang bisnis yang tercipta di bidang menulis.
           
                               Bahkan dapat dilakukan dengan mudah oleh-oleh setiap orang. Saat media bacaan yang dicari oleh orang-orang mulai berubah dari media cetak menjadi media online.
Akibat pola kebiasaan masyarakat yang mulai berubah salah satu contohnya dari membaca koran di pagi hari berubah menjadi membaca berita, artikel, dan bacaan lainnya hanya di waktu senggang.
                              Para pengusaha media massa pun tidak ingin kehilangan pangsa pasar dan gencar membuat website dan blog berisi rubrik khusus bacaan.
    

Dimana celah bisnisnya?

                              Rubrik bacaan online pada website, blog dan sosial media pangsa pasar dan cara pemasarannya sangat berbeda dengan rubrik bacaan di media cetak. Pada rubrik bacaan online hal yang dibahas sangat luas dan tidak spesifik  serta bacaan yang telah dipublish di waktu lalu sangat mudah diakses kembali untuk  dibaca.
Tidak seperti koran yang terkesan hanya untuk bacaan pagi dan setelah itu hanya dimanfaatkan kertasnya untuk keperluan membungkus barang atau lainnya.
Karenanya hal tersebut menjadi perhatian pengusaha media massa karena untuk menciptakan rubrik bacaan yang membahas bidang lingkungan lebih luas perlu menambah penulis tetap profesional padahal pangsa pasar tidak melihat segi kualitas isi mendalam.
                              Tentunya pengusaha manapun akan berfikir ulang untuk tetap menjaga cost yang dikeluarkan seminim mungkin dan keuntungan semaksimal mungkin.
Dan celah bisnis menulis pun terbuka lebar terutama untuk penulis lepas. Terutama pada media massa yang aktif membuat rubrik online contohnya Detik.com, Suara Merdeka, Tribun, Viva News, Kapan Lagi dan lainnya.
Mereka membuka lowongan penulis lepas pada para blogger aktif dan rata-rata konten yang diberikan penulis tidak nebdetail dan hanya isu-isu yang sedang menjadi trend saja saya berkeyakinan semua orang dengan wawasan keseharian normal saja dapat membuat rubrik bacaan dengan bentuk tersebut.

Hanya Itu?
Tidak hanya itu, banyak blog dan website selain dari media massa yang juga menawarkan jasa penulis lepas. Mulai dari menulis cerpen, puisi sastra, artikel, novel, bahkan resep masakan hingga hanya sekedar tutorial travelling.
                              Bayangkan betapa luasnya peluang bisnis menulis di era sekarang ini. Apalagi ketika kita membuat blog dan menulis sebuah karya yang memang diminati dan membuat akses iklan (adsense) didalamnya.
        Besar keuntungan rupiah yang mengalir pada kita. Hanya dari penyaluran hobi menulis dapat menghasilkan dan menambah relasi kedepannya.

Gambaran Pendapatan Penulis Lepas
Penulis lepas atau freelance writer non profesional
i) Harga untuk artikel bahasa Indonesia
 -Harga untuk 100 kata Rp 3.000,-
- Harga untuk 200 kata Rp 6.000,-
- Harga untuk 300 kata Rp 9.000,-
- Harga untuk 400 kata Rp 12.000,-
- Harga untuk 500 kata Rp 15.000,-
-Harga untuk 1000 kata Rp 20.000,-
ii) Harga untuk artikel bahasa asing (utama inggris)
-Harga untuk 100 kata Rp 6.000,-
-Harga untuk 200 kata Rp 9.000,-
-Harga untuk 300 kata Rp 14.000,-
-Harga untuk 500 kata Rp 20.000,-
-Harga untuk 1000 kata Rp 25000,-
                                    Ini adalah harga awal untuk test hasil karya penulis lepas tanpa ikatan apapun dan nominal tiap website memiliki nominal berbeda-beda tetapi rata-rata besar nilai nominal pendapatan yang didapat akan sangat meningkat begitu terjalin ikatan perjanjian antara penyedia website dengan penulis.
SARAN
       Peluang bisnis menulis dapat dimulai dari sekedar hobi, keisengan kita dari hal sepele mulai dari menceritakan pengalaman hidup dari sudut pandang kita masalah mendapat keuntungan itu pasti akan didapat selama kita masih dapat berkarya.
REFERENSI
Suyanto, M. 2007. STRATEGIC MANAGEMENT Global Most Admired Companies. Yogyakarta: Andi Yogyakarta 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar